Pages

Ads 468x60px

Labels

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 16 Agustus 2014

Wisata Gunung Api Purba, Nglanggeran



Pada sesi liburan kali ini, seorang sahabat karib (Fitriahati Setyarizky) mengajak saya berkelana ke sebuah objek wisata nan eksotis. Dengan bermodal nekat, bantuan Google Map, serta prinsip malu bertanya sesat dijalan, akhirnya kami bisa mencapai lokasi dengan lancar. Alhamdulillah.
Gunung Nglanggeran atau lebih dikenal dengan Gunung Api Purba merupakan salah satu objek wisata menarik yang bisa dicoba untuk mengisi liburan anda. Gunung ini memiliki eksotisme tersendiri dengan seluruh konstruksinya berupa bebatuan, terdapat 10 macam gunung yang menjulang membentuk satu kesatuan yang unik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dahulu kala gunung ini merupakan gunung aktif.
Selain keindahannya yang bisa dinikmati, kini telah dibangun rute setapak bagi wisatawan yang berminat mendaki hingga ke puncak gunung. Harga yang ditawarkan cukup murah yaitu dengan membeli tiket Rp. 5000,- anda bisa menikmati pemandangan dan tantangan selama melewati rute setapak yang telah disiapkan, seperti medan curam bebatuan, celah diantara dua bebatuan, hingga panorama dari ketinggian yang menakjubkan.
Untuk mendaki hingga puncak telah disediakan 5 titik pos selama pendakian, untuk melewati semua pos tersebut dibutuhkan waktu sekitar 1 – 1.5 jam perjalanan (naik) tergantung dari kecepatan masing-masing. Apabila anda berhasil mencapai puncak, anda dapat menikmati pemandangan Embung Nglanggeran (danau buatan) yang menakjubkan dari ketinggian. Embung Nglanggeran juga merupakan objek wisata yang bisa anda kunjungi dengan menempuh jarak sekitar 1.5 km dari lokasi Gunung Api Purba.
Tapi bagi anda yang sudah kelelahan setelah mencapai pos 1 (karena jarak dari camp pertama hingga pos 1 cukup jauh), anda bisa turun melalui pos 2 dengan mengikuti petunjuk yang telah disediakan. Jarak pos 1 dan dua cukup dekat, karena apabila anda telah mencapai pos 2 akan ada petunjuk bercabang bagi anda yang memutuskan untuk turun atau memilih naik ke pos selanjutnya. Mengapa harus pulang melewati pos 2 dan bukan kembali melewati jalan yang dilalui menuju pos 1? Yang pertama karena anda akan merasa bosan apabila harus turun melewati jalan yang sama, yang kedua untuk menghindari lalu lalang sesama wisatawan karena jalur yang dilewati sempit, dan pada waktu tertentu jumlah wisatawan meningkat sehingga rute akan penuh dan tidak nyaman bila dipakai berlalu lalang dua arah.
___________________________________________________________________
Ada beberapa tips yang harus anda perhatikan sebelum mendaki,
· >>Berangkatlah diwaktu pagi, karena sembari mendaki tidak lengkap rasanya bila tidak berfoto atau singgah sejenak di tiap pos sehingga waktu yang diperlukan pasti akan lebih lama.
·>>Pakailah pakaian yang nyaman untuk bergerak dan berbahan kaos sehingga menyerap keringat. Selain itu gunakan alas kaki yang nyaman bagi medan terjal seperti sepatu atau sandal gunung (disarankan)
>>Bawalah bekal minuman yang cukup selama mendaki, jangan sampai rencana anda ke puncak gagal hanya karena persediaan minum anda habis ditengah diperjalanan. Apabila anda lupa membawa bekal dari rumah, disekitar lokasi ada banyak warung yang menjual berbagai makanan ringan dan air mineral.
·>>Sebelum memulai perjalanan tanyalah gambaran tentang rute jalur dan segala yang mengganjal dibenak anda kepada petugas loket. Hal ini penting agar anda lebih bijak selama proses mendaki, meskipun pada kenyataannya disetiap titik selalu dipasang penunjuk arah sehingga sangat kecil kemungkinannya anda tersesat.
  >>Bawalah kamera untuk mengabadikan setiap momen berharga dalam perjalanan anda. 
_____________________________________________________________
      Selain itu, ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran juga menawarkan paket wisata khusus yang dikelola oleh Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri, Pokdarwis dan Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Paket wisata yang tersebut berupa :
  • Wisata petualangan/adventure: panjat tebing, jelajah gunung, dan susur goa;
  • Eduwisata di bidang lingkungan, seni dan budaya, atau paket live in bagi pelajar;
  • Community Gathering di lingkungan khas pedesaan dengan sajian seni budaya lokal.
Lokasi dan Rute
Terletak di kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul tepatnya di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk, Ada 2 jalur jalan untuk menuju Objek Wisata ini.
·         >>Jika dari arah Wonosari kita melewati Bunderan Sambipitu, ambil kanan arah ke dusun Bobung/kerajinan Topeng, kemudian menuju Desa Nglanggeran ( Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran ).
·         >>Jika dari arah Jogjakarta : Bukit Bintang Patuk, Radio GCD FM belok kiri kira-kira 7 KM ( arah desa Ngoro-oro lokasi stasiun-stasiun Transmisi ), menuju desa Nglanggeran (Pendopo Joglo Kalisong/Gunung Nglanggeran )
________________________________________________________________________________
Sekian tips wisata dari saya, selamat berkunjung dan berpetualang kawan :)






2 comments:

  1. Mbak boleh minta contact nya? Mau tanya seputar magangnya dlu di cepu, aku heri dari pajak uns

    BalasHapus

 

Be my Followers

Follow my Twitter

http://www.dreambingo.co.uk/